Anime yang ada Programmer-nya, Rekomendasi anime untuk Programmer Wibu
06 Jul 2025 · 3 min read
Sebelumnya saya sudah membuat repository di Github yang berisi kumpulan Anime untuk developer:
Tapi karena banyak yang kontribusi di repo itu, mungkin saja anime itu tidak ada programmer-nya. Karena itu, saya membuat post ini untuk review anime-anime yang pernah saya tonton dan di dalamnya memang benar-benar ada tokoh programmernya, atau setidaknya ada yang berkaitan tentang programmer.
1. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru (Run with the Wind)
MAL: https://myanimelist.net/anime/37965/Kaze_ga_Tsuyoku_Fuiteiru
Anime ini ber-genre sport dan drama. Lebih tepatnya anime ini tentang olahraga lari. Ada 10 karakter utama di anime ini dan dua di antaranya programmer dan sepertinya dari jurusan computer science.
Sisanya saya kurang tau dia dari jurusan apa. Tapi ada satu lagi karakter otaku dari klub manga. Hobinya baca dan koleksi manga, kamar di asramanya full dengan Manga. Dia paling lemah saat lari dibandingkan yang lainnya. Pace-nya 30 menit untuk 5km. Tapi dia terus berlatih untuk meningkatkan kecepatan larinya. Sampe-sampe dia berniat beli treadmill agar bisa lari sambil baca manga, tapi tidak jadi dan malah dikasih pinjam oleh Shindo. Karena kebetulan Shindo punya treadmill yang gak kepake di rumahnya dan katanya mau dibuang.
Lalu karakter programmernya adalah si Akihiro. Rambutnya panjang, tampangnya seperti preman. Sambil kuliah sepertinya dia kerja sebagai freelance programmer dan dia kerja remote dari asramanya. Dia awalnya suka ngrokok di asrama, tapi setelah rutin lari dia tobat ngerokok.

Programmer ke-2 adalah si Shindo. Dia bisa coding dan bekerja sama dengan Akihiro. Pada screenshot di atas, Akihiro yang coding pakai PC dan Shindo yang coding pakai laptop.
Pada Episode 11, ada scene yang memperlihatkan kalau mereka lagi buat website untuk fans club dari klub larinya. Website ini dikerjakan oleh Shindo dan Akihiro.
Namun, ada drama emotional damage di episode 11 ini. Di mana si Shindo baru saja diputusin sama pacarnya
dan dia jadi pingin berlari terus untuk menghilangkan kegalaunnya. Karena kejadian itu,
website fans club mereka jadi lebih cepat oleh Shindo.
2. New Game!
MAL: https://myanimelist.net/anime/31953/New_Game
Anime ini bercerita tentang ciwi-ciwi yang develop Game di sebuah perushaan Game. MC-nya si Aoba. Dia adalah desainer karakter 3D. Lalu masuk di perushaan Game dan dia memulai karirnya di sana sebagai 3D artist.

Aawlnya dia tidak paham gimana cara jadi 3D artist, dia cuma punya skill gambar. Tapi setelah dia belajar, akhirnya bisa dan mulai berkontribusi di project game di persuhaan itu.
Lalu karakter programmernya adalah si Umiko Ahagon, dia tukang coding Game. Si Ahagon ini tidak bekerja sendiri, dia ada tim juga yang bantu-bantu coding.
Lalu ada anak magang temennya Aoba yakni Sakura Nene, awalnya dia magang di sana sebagai game tester. Tapi setelah itu, bergaul dengan Ahagon dan belajar coding.

Pokoknya, kalau kamu nonton anime ini.. kamu akan paham bagaimana proses pembuatan Game di sebuah studio game ataupun perushaan game.
Anime ini airing di tahun 2016, saya sangat excited buat nonton saat itu.. karena saya juga tertarik belajar game development di saat itu.
Selain itu, anime ini punya soundtrack yang bagus. Saya sering memutarnya dulu. Terutama yang Now Loading!!!!. Kalau dengar ini, jadi teringat masa-masa kuliah.
3. Kono Sekai wa Fukanzen Sugiru
Airing: Summer 2024
Sebenarnya di anime ini tidak ada tokoh programmernya, tapi ada kaitannya dengan pemgoraman.
Setting sekai di anime ini seperti SAO. MC-nya berada di dalam dunia Game, lalu tidak bisa logout karena ada bug di game tersebut.
Sebenarnya peran dia di sana sebagai game terster atau Quality Assurance (QA) kalau di dunia software development.
Jika kamu adalah seorang QA, maka kamu akan menikmati anime ini. Karena bug yang ditemukan masuk akal hehe.
4. Good Night World!
Anime ini juga bergenere game. Ada programmer di game ini.
5. Coming Soon!
Cukup dulu! nanti saya tambahkan lagi ya..
atau baca juga: